BeritaNasionalNews

Apkasi Otonomi Expo 2024, Dispar Banggai Promosi Wisata Unggulan Mulai Air Terjun Piala Hingga Pulo Dua

379
×

Apkasi Otonomi Expo 2024, Dispar Banggai Promosi Wisata Unggulan Mulai Air Terjun Piala Hingga Pulo Dua

Sebarkan artikel ini
Kadispar Banggai, Ismed Wardhana S.STP., M.Si., dan lainnya bersama Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM., AIFO di kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2024, di Jakarta. FOTO: IST
Example 300250

Banggaikece.id– Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kembali menyelenggarakan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024, sebuah ajang tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi dan produk unggulan dari berbagai kabupaten di Indonesia. 

Expo yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan ini berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 10 hingga 12 Juli 2024.

Acara ini dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo yang didampingi oleh Ketua APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan pusat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

BACA JUGA:  Keren, Satlantas Polres Banggai Bagi-bagi Sembako untuk Warga Kurang Mampu 

Apkasi Otonomi Expo menjadi platform strategis bagi kabupaten untuk menampilkan inovasi, potensi, dan produk unggulannya kepada pasar nasional dan internasional.

AOE 2024 diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai kabupaten di Indonesia. 

Berbagai produk unggulan seperti produk pertanian,  kerajinan, produk makanan khas lokal dan destinasi wisata dipamerkan dalam stand-stand yang telah disediakan. 

Tak terkecuali Kabupaten Banggai, Dinas Pariwisata di bawah pimpinan Kadis Ismed Wardhana memamerkan atau mempromosikan wisata unggulan yang ada di tanah Babasalan ini.

Destinasi Wisata unggulan yang dipromosikan di ajang itu Air Terjun Piala, Pulo Dua, dan Pilaweanto Salodik. Promosi ini tak lain sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Diserahkan Langsung Menteri, Bupati Amirudin Terima Penghargaan Kemenkumham 

Selain pameran produk, acara ini juga menghadirkan berbagai seminar dan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan pemerintah daerah dalam mengelola potensi daerah mereka.

Para pengunjung expo tidak hanya dapat menikmati pameran produk dan potensi daerah, tetapi juga berbagai atraksi budaya dari seluruh penjuru nusantara. Atraksi seni dan budaya ini menjadi daya tarik tersendiri yang menunjukkan keragaman budaya Indonesia.

BACA JUGA:  Pembahasan APBD Perubahan Tergesa-Gesa, Ada Apa?

Apkasi Otonomi Expo 2024 diharapkan mampu menjadi jembatan antara pemerintah daerah dengan investor dan pelaku usaha, sehingga dapat mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah. 

Acara ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan ekonomi di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan berbagai kegiatan dan potensi yang ditampilkan, AOE 2024 menjadi bukti nyata komitmen Apkasi dalam mendukung otonomi daerah dan meningkatkan daya saing kabupaten-kabupaten di Indonesia di kancah nasional dan internasional. (*)

Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250