BeritaNasionalNews

Bupati Amirudin Hadiri Rakernas Apkasi XVI dan AOE 2024, Ajang Promosi Produk Unggulan

1305
×

Bupati Amirudin Hadiri Rakernas Apkasi XVI dan AOE 2024, Ajang Promosi Produk Unggulan

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-XVI Tahun 2024, Apkasi Otonomi Expo 2024 (AOE 2024), dan Apkasi Procurement Network 2024, Rabu (10/7/2024). 

Kegiatan diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) berlangsung mulai tanggal 10 hingga 12 Juli 2024 di Hall A & B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Rakernas Apkasi dan Otonomi Expo merupakan agenda tahunan yang digelar Apkasi untuk membahas isu-isu dan rencana strategis dalam pembangunan daerah, khususnya kabupaten. 

Tujuan utama Apkasi Otonomi Expo untuk mempromosikan berbagai produk unggulan daerah, aneka komoditi dan peluang investasi daerah, serta destinasi wisata guna meningkatkan perekonomian daerah yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:  Diserahkan Langsung Menteri, Bupati Amirudin Terima Penghargaan Kemenkumham 

Pada kegiatan ini, Presiden RI Joko Widodo hadir secara langsung, didampingi oleh Ketua Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden Jokowi menekankan bahwa setiap daerah perlu memaksimalkan potensi yang dimilikinya, mencakup aspek keuangan, pangan, energi, industri, teknologi, dan pariwisata. 

BACA JUGA:  Oscar Reunion Fc Temani Mutiara Nambo Lolos ke Putaran 16 Besar Piala Camat LukTar

“Saya hanya ingin titip bahwa potensi-potensi yang ada di daerah itu harus dikembangkan, baik dari sisi finance, pangan, energi, industri, teknologi, maupun pariwisata, daerah-daerah yang pemandangannya bagus, dari sisi turismenya, semuanya harus dikembangkan,” ujar Presiden RI.

Sementara itu, Apkasi Procurement Network 2024 yang dilaksanakan secara berkala bertujuan untuk meningkatkan serapan anggaran pemerintah daerah melalui belanja barang dan jasa pemerintah, serta bertujuan untuk mendukung gerakan bangga menggunakan produk dalam negeri. 

Demi mendukung perekonomian nasional, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya membeli dan menggunakan produk dalam negeri dalam setiap pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah.

BACA JUGA:  Dilepas Sekkab, Jalan Santai Jilid II Meriahkan Milad Pertama Magister Manajemen FEB UMLB

“Ini perlu saya ingatkan, beli produk-produk kita sendiri, mengumpulkan anggarannya itu sangat sulit sekali, gunakan 100 persen untuk pengadaan barang dan jasa itu produk-produk dalam negeri,” tegas Jokowi.

Acara ini diikuti oleh ratusan stan dari pemerintah kabupaten termasuk Kabupaten Banggai, juga kota, provinsi, kementerian, lembaga, BUMN dan perusahaan swasta nasional.

Para peserta berkesempatan untuk menampilkan produk unggulan masing-masing serta menjalin kerjasama strategis guna mendorong pembangunan daerah. (*)

Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250