BeritaDaerahKesehatanNews

Aktif Kendalikan HIV AIDS, Pertamina EP DMF Terima Penghargaan Dari Bupati Banggai

1348
×

Aktif Kendalikan HIV AIDS, Pertamina EP DMF Terima Penghargaan Dari Bupati Banggai

Sebarkan artikel ini
Didampingi Sekretaris KPA Banggai, Rampia Laamiri, Bupati Amirudin menyerahkan penghargaan kepada Pertamina EP Donggi Matindok Field di momentum ulang tahun ke 64 Kabupaten Banggai. FOTO: ISTIMEWA
Example 300250

Banggaikece.id– Berperan aktif dalam mengendalikan HIV/AIDS, Pertamina EP Donggi Matindok Field (DMF) mendapat penghargaan sebagai bentuk apresiasi Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM AIFO.

Penghargaan dari Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Banggai itu diserahkan dalam momentum Upacara HUT ke 64 Kabupaten Banggai, Senin 8 Juli 2024, di Lapangan Mirqan Halimun Luwuk.

Pertamina EP Donggi Matindok Field dinilai sangat berperan aktif dalam mengendalikan HIV AIDS di tanah Babasalan ini, baik di lingkungan kerja maupun masyarakat umum termasuk populasi kunci.

Berdasarkan data yang diterima media ini, yang dikirim Sekretaris KPA Kabupaten Banggai, Hj. Rampia Laamiri S.Sos., M.Mkes., ada delapan poin yang menjadi pertimbangan hingga Pertamina EP DMF meraih penghargaan.

Pertama, kebijakan manajemen yang memberi atensi khusus terhadap penanggulangan  dan pengendalian HIV Aids di lingkup perusahaan  melalui pembentukan komite khusus p2hiv aids dan termaktub juga diperjanjian kerja bersama antara perusahaan dan serikat pekerja.

BACA JUGA:  19 Tahun Mengabdi, PEPC Regional Indonesia Timur Perkuat Kolaborasi Wujudkan Kinerja Keberlanjutan Hulu Migas

Kedua, memiliki dokter khusus yang mendapatkan sertifikasi penanggulangan hiv aids di klinik donggi dan klinik matindok (masing-masing 1 orang dokter/klinik).

Ketiga, melakukan sosialisasi internal kepada seluruh pekerja dan mitra kerja minimal 2 x setahun, dengan cakupan di atas 90 % populasi.

Keempat, melakukan edukasi dan sosialisasi kepada siswa siswi setingkat SMA terkait bahaya dan dampak HIV AIDS.

Kelima, melakukan sosialisasi dan screening ke lokasi potensial penyebaran HIV Aids, berkolaborasi dengan puskesmas Toili 1 dan Toili 2.

Keenam, memberi dukungan kepada organisasi  yang peduli HIV Aids untuk edukasi  bahaya Aids.

Ketujuh, berkolaborasi dengan PMR dan sekolah sekolah melakukan penyebaran pamflet-pamflet dan sosialisasi bahaya HIV Aids kepada masyarakat.

Delapan, menyiapkan dukungan moril dan materil kepada pekerja yang terdampak penyakit HIV Aids.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

“Pada intinya, Bupati selaku Ketua KPA mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Pertamina EP karena peran aktifnya dalam membantu KPA dan Pemda,” ungkap Sekretaris KPA Kabupaten Banggai, Hj. Rampia Laamiri, Senin 8 Juli 2024.

Luar biasanya kata Rampia, upaya penanggulangan HIV AIDS yang dilakukan Pertamina EP Donggi Matindok Field, tidak hanya di dalam internal tapi juga ke masyarakat luas.

“Juga ke populasi kunci. Beberapa kali buat kegiatan, tahun kemarin sempat mengundang kami, hanya saja tidak bisa menghadiri. Sehingga Pertamina EP melakukan kegiatan sendiri dan kami juga melakukan kegiatan di Luwuk,” bebernya.

Atas penghargaan yang diberikan ini kata Hj. Rampia Laamiri, semoga bisa menjadi motivasi atau contoh bagi perusahan lain yang berinvestasi di Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Ratusan Warga Apal Liang Antusias Sambut Cawabup Serfi Kambey 

“Paling penting itu, upaya penanggulangan HIV AIDS dilakukan di perusahaan mereka sendiri. Jika misalnya ada yang terindikasi, perusahaan harus melakukan konseling dan tidak bisa diskriminasi. Kalau sudah dalam kondisi sakit, mereka perlu diberi cuti atau diistirahatkan,” tuturnya.

Hal itu sebut Rampia, sudah sesuai dengan rencana aksi Nasional tentang penanggulangan HIV AIDS. 

“Jadi harapan kami, perusahan lain juga bisa melakukan kegiatan seperti yang dilakukan Pertamina EP Donggi Matindok Field. Dan kami KPA, membuk ruang bagi elemen masyarakat lain, yang ingin melakukan kegiatan serupa,” katanya.

Atas upaya-upaya yang dilakukan Pertamina EP Donggi Matindok Field, Ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

“Kami sangat mengapresiasi Pertamina EP yang telah memberikan dukungan, dan melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat serta internal perusahaan,” tandasnya. (*)