BeritaDaerahNewsPendidikan

Menangkan Dana Hibah PKKM, Rektor Unismuh Luwuk Apresiasi Fakultas Pertanian 

2333
×

Menangkan Dana Hibah PKKM, Rektor Unismuh Luwuk Apresiasi Fakultas Pertanian 

Sebarkan artikel ini
Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa memberikan apresiasi kepada Fakultas Pertanian atas keberhasilan memenangkan hibah PKKM. FOTO: JAJAD
Example 300250

Banggaikece.id–Universitas Muhammadiyah Luwuk berhasil memenangkan Dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) tahun 2024. 

Adapun Dana Hibah yang dimenangkan adalah Liga 3 yaitu Jenjang Strata Satu (S1) Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian.

Atas capaian yang membanggakan ini, Fakultas Pertanian mendapat apresiasi dari Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa SE., MM, yang disampaikan saat pembukaan pembekalan Magang MBKM dan penyerahan bantuan alat pertanian secara simbolis, Sabtu 6 Juli 2024.

Hadir dalam pembukaan, Ketua BPH Unismuh Luwuk, Dr. Farid Haluti, Wakil Rektor III Dr. Agung K Djibran, Dekan Faperta Unismuh Luwuk, Ratmi Rosilawati SP., M.P.

Dalam kesempatan itu, Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa mengatakan, Fakultas Pertanian menjadi fakultas di Unismuh Luwuk yang paling banyak mendapat bantuan pendanaan dari pusat.

“Alhamdulillah, laporan dari Ketua BPH, bahwa Fakultas yang sering dapat bantuan dari pusat di Unismuh Luwuk adalah Fakultas Pertanian. Ini patut perlu diapresiasi,” ucap Rektor Dr. Sutrisno K Djawa.

Selama magang PKKM kata Rektor, nantinya tentu mahasiswa akan mendapatlan banyak pengalaman dan pengetahuan.

“Bisa mendapat ilmu dan pengalaman baru di sana (lokasi magang), dan juga jejaring. Kemudian, tidak lupa kami ingatkan untuk tetap bisa menjaga nama baik almamater,” pesan Rektor.

Di momentum itu, Rektor juga sempat mendorong agar Faperta dapat meningkatkan program-program pertanian, sehingga nantinya dapat meningkatkan animo mahasiswa baru.

BACA JUGA:  Mantan Bupati Sofhian Mile Ajak Masyarakat Menangkan  Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang

Apalagi kata Rektor, bahwa pertanian di Indonesia adalah tulang punggung. Tentunya ini menjadi potensi bagi Fakultas Pertanian, agar tidak menyia-nyiakan.

Sementara itu, Ketua Task Force Tim PKKM Faperta Unismuh Luwuk, Dr. Agung K Djibran yang juga Wakil Rektor III mengatakan, Proposal yang disusun dan di-upload skema Liga 3 itu dilakukan pada bulan Desember 2023.

“Dengan mengikutkan 2 (dua) Program Studi dan 1 (satu) Institutional Support System Merdeka Belakar-Kampus Merdeka (ISS-MBKM), yakni Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian, dan Program Studi S1 Manajmen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Institutional Support System (ISS),” ungkap Agung K Djibran, dalam laporannya.

Tentunya dalam pengusulan, dan penguploadan Proposal Skema Liga 3 tersebut kata Agung yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, melalui berbagai tahapan, mulai dari tahapan Seleksi administrasi, Seleksi Subtansi, dan Pra Seleksi Kelayakan. 

Akhirnya kabar membanggakan kembali didapatkan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Luwuk. Prestasi kali ini datang dari Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian. 

Pemberitahuan terkait perolehan dana PKKM 2024 diumumkan pada Jum’at (02 Februari 2024), kemudian dilanjutkan dengan Verifikasi Kelayakan pada 22-24 Februari 2024. 

“Dengan lolosnya Universitas Muhammadiyah Luwuk menangkan Dana Hibah ini, maka Universitas Muhammadiyah Luwuk diundang untuk mengikuti Workshop Implementasi dan Penyerahan Dokumen Pencairan dan PKKM Tahun Pertama Tahun Anggaran 2024 dari Kemendikbudristek di Hotel Mercure Makassar Nexa Pettarani, pada hari Senin, tanggal 6 Mei 2024,” tuturnya.

BACA JUGA:  2.668 Peserta Siap Ramaikan Run de City, Ada dari Jepang Hingga India

Lolos pendanaan Hibah dari Kemendikbudristek RI ini kata Agung, merupakan implementasi dalam mendorong akselerasi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). 

“Semoga dana Hibah ini dapat meningkatkan kualitas MBKM Universitas Muhammadiyah Luwuk,” harapnya. 

Adapun komposisi Tim PKKM Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian, sebagai Ketua Task Force: Dr. Agung Kurniawan S. Djibran, S.Pd.,I, M.Pd. Person in Charge (PIC) Program Studi S1 Agribisnis: Iwan sudarmaji, SP., MP. Anggota: Dwi Wijayanti, S.TP., MP., Ratmi Rosilawati Nazir, SP., MP., Wahyudi Hasan, SP., M.P., Pardin Lasaksi, SP., MP., Ir. Ramadani Chaniago, SP., MP., dan Darni Lamusu, S.TP., MP.

Sebagai Ketua Task Force, Agung turut berbangga, atas nama Tim Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

Hal ini kata dia, merupakan sebuah kehormatan serta kebanggan baginya di Universitas Muhammadiyah Luwuk, Bil khusus Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian, karena dapat memberikan dampak pada pembelajaran. 

Pada dasarnya Dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), adalah bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), baik untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat Perguruan Tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU). 

Tentu hal ini bukanlah perkara yang mudah bagi Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian, mulai dari tahap persiapan untuk bersaing dengan kampus dari seluruh Indonesia hingga tembus memperoleh Dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024. 

BACA JUGA:  Dimeriahkan Dewa 19, Puluhan Ribu Warga Padati Konser BerAmal di GOR Kilongan 

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian memfokuskan program kegiatan untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024 ini, adalah; (1) Penguatan Kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) dalam mewujudkan Program Studi Unggul, (2) Sertifikasi Kompetensi Lulusan, (3) Pengembangan dan Implementasi Pembelajaran Case Study and Project Based Learning, dan (4) Pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) serta Peningkatan Kewirausahaan bagi Mahasiswa.

Harapan selaku Ketua Task Force Tim Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), semoga dengan adanya perolehan pendanaan hibah ini, dapat dimanfaatkan penuh oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Luwuk untuk melaksanakan program-program MBKM, sebagaimana berita acara kegiatan yang direkomendasikan dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). 

Dana hibah PKKM 2024 ini merupakan support pengembangan kualitas Program Studi Agribisnis yang dapat berpengaruh secara signifikan kedepannya, khususnya pada peningkatan kompetensi para mahasiswa dan dosen. Oleh karena itu, semoga Program Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) ini terus berkelanjutan dan semoga Program Studi Agribisnis dapat melaksanakan program berkelanjutan di tahun berikutnya.

*Saya juga sangat berharap untuk tahun berikutnya Program Studi yang lain di lingkup Universitas Muhammadiyah Luwuk, dapat berpastipasi dalam Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2025,” tandasnya. (*)