BeritaDaerahNewsPendidikan

Prodi D III Keperawatan Luwuk Gelar Pengbdian Masyarakat Pesisir Pantai Kayutanyo

1308
×

Prodi D III Keperawatan Luwuk Gelar Pengbdian Masyarakat Pesisir Pantai Kayutanyo

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Prodi D III keperawatan Luwuk Poltekkes Kemenkes Palu melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Pesisir Pantai Desa Kayutanyo, Kecamatan Luwuk Timur pada Selasa, 2 Juli 2024. 

Kegiatan itu mengusung tema ‘Screaning dan Edukasi Penyakit Tidak Menular (PTM) Pada Masyarakat Pesisir Pantai’. 

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperoleh besaran prevalensi PTM (Hepertensi, DM dan Jantung) dan untuk meningkatkan pengetahuan Masyarakat secara dini dalam Upaya pencegahan dan penanggulangan PTM.

Ketua Program Studi D III Keperawatan Luwuk Dr, Sri Musriniawati Hasan, S.kep.Ns, MmedEd, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah merupakan salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi Poltekkes kemenkes Palu untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah sekitar kampus.

BACA JUGA:  Ditanya Soal Tambang Batu Gamping di Bangkep, Ini Jawaban Tegas Ahmad Ali

Kegiatan ini disambut dengan baik dan penuh antusia oleh Pemerintah Desa Kayutanyo beserta masyarakat, yang berharap agar dapat memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat. 

Demikian juga dengan Puskesmas Hunduhon yang diwakili oleh pengelola PTM serta Bidan Desa Kayutanyo Rini Wollah yang menyampaikan uncapan terima kasih dan harapannya kepada Prodi DIII keperawatan Luwuk atas kersasamanya dalam pemberdayaan dan pengabdian kepada Masyarakat. 

BACA JUGA:  Ahmad Ali Blusukan ke Pasar Salakan, Berdialog dan Dengarkan Keluhan Pedagang

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi screaning atau pemeriksaan Kesehatan meliputi : Pengukuran antropometri (BB&TB) pemeriksaan Tekanan darah, Gula, kolesterol dan asam urat. 

Setelah pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan kegiatan edukasi berupa pemberian materi melalui penyuluhan dan tanya jawab. 

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini meliputi, Pengenalan dan Pencegahan penyakit Jantung yang disampaikan oleh Ir. Wijianto, M.Kes, materi tentang Penyakit DM diampaikam oleh Djadid Suchan SKM, M.Kes dan materi tentang penyakit Hipertensi disampaikan oleh Sukmawati SKM, MPH. 

BACA JUGA:  Pemdes Tolulos Gelar Musrenbang Desa Penentua Usulan Prioritas tahun 2025

Selain penyampaian materi kepada peserta dibagikan leaflet dari masing-masing penyakit tidak menular yang disampaikan.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua program studi DIII keperawatn Luwuk dan seluruh dosen beserta tenaga kependidikan beserta Himpunan Mahasiswa Prodi (HIMAPRO) prodi DIII keperawatn Luwuk. (*)