BeritaDaerahNewsPendidikan

Siswinya Lolos OSN Tingkat Nasional, Ini Profil SMAN Tolisu Banggai yang Baru 6 Tahun Berdiri

4897
×

Siswinya Lolos OSN Tingkat Nasional, Ini Profil SMAN Tolisu Banggai yang Baru 6 Tahun Berdiri

Sebarkan artikel ini
Kepala SMAN Tolisu, Bagus Alit Wisnawa bersama enam siswinya yang melaju ke OSN tingkat provinsi. Satu dari 6 peserta, yakni Putu Vina sukses lolos ke level nasional. FOTO; IST
Example 300250

Banggaikece.id– Loloskan siswinya ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional untuk bidang Mata Pelajaran Geografi, ini profil SMA Negeri Tolisu yang baru berdiri 6 tahun.

Sejak berdiri dari tahun 2018 sampai 2024, SMAN Tolisu di bawah pimpinan Kepsek Bagus Alit Wisnawa S.Sos., M.P.A., 6 kali tembus OSN tingkat provinsi.

Berikut sejarah atau profil singkat SMA Negeri Tolisu, Kabupaten Banggai.

SMA Negeri Tolisu beroperasi pertama kali pada tahun 2018, di tahun ke duanya yakni 2019 sudah ikut berkompetisi di OSN tingkat kabupaten.

Di usianya yang jalan ke 7 tahun di tahun 2024 ini sudah tercatat 6 kali berturut –turut ikut berpartisipasi. 

Pada tahun 2019 lalu untuk yang pertama kalinya SMA Negeri Tolisu berhasil meloloskan 2 orang siswanya ke tingkat provinsi (OSN-P) setelah berhasil memenangkan kompetisi di tingkat kabupaten.

Rincian jumlah siswa SMA Negeri Tolisu yang lulus OSN tingkat Provinsi (OSN-P) dari tahun ke tahun sebagai berikut;

BACA JUGA:  4 Tim Siap Berlaga di Semifinal Turnamen Sepakbola Camat LukTar Cup 2024, Cek Jadwal Tandingnya!

1. Tahun 2019 : 2 siswa

2.Tahun 2020 : 2 siswa

3. Tahun 2021 : 3 siswa

4. Tahun 2022 : 4 siswa

5. Tahun 2023 : 4 siswa

6. Tahun 2024 : 6 siswa

Dari capaian di atas, SMA Negeri Tolisu sebagai sekolah baru dengan jumlah siswa 140-an yang didominasi guru – guru muda memiliki tradisi yang cukup baik di kompetisi ini karena siswanya mampu bersaing dengan sekolah – sekolah besar dan sudah mapan yang ada di Kabupaten Bangai.

Tembus OSN tingkat nasional kata Bagus Alit Wisnawa, termuat berdasarkan surat KEPUTUSAN PLT. KEPALA BALAI PENGEMBANGAN TALENTA INDONESIA KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR: 0928/J7.1/PN.00/2024 

Lolos OSN tingkat Nasional, Ni Putu Vina Ariyanti merupakan anak dari pasangan I. Made Suteja dan Ni Wayan Puspawini dari Desa Sindang baru Kecamatan Toili Jaya.

Siapa sangka, kedua orangtua dari Putu Vina ini sehari-harinya hanya beraktivitas sebagai petani. Namun suatu kebanggaan, sang buah hati dinyatakan lulus dari OSN tingkat Provinsi dan berhak mengikuti OSN tingkat Nasional.

BACA JUGA:  Diduga Langgar Netralitas, Stand Disdikbud Banggai Putar Lagu  AT-FM Sekali Lagi

Atas prestasi yang gemilang itu, Kepala SMAN Tolisu, Bagus Alit Wisnawa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh staf Dewan Guru dan TU, Tim OSN terutama buat Guru Pembimbing Mapel Geografi I. Made Dwi Setya Gunawan S.Pd.,gr., atas kerja kerasnya dalam memberikan bimbingan selama ini.

“Meski sudah 5 kali berturut-turut lolos ke tingkat provinsi dan tidak pernah lolos ke tingkat Nasional, kami tidak pernah patah semangat untuk terus melakukan bimbingan ke siswa agar siswa kami mampu menembus ketingkat Nasional. Dan Alhamdulillah doa dan kerja keras kami dalam membangun kecepatan terjawab di OSN yang ke 6 yang kami ikuti,” ujar Bagus Alit Wisnawa kepada media ini, Jumat malam 28 Juni 2024.

Selain Vina yang mampu lolos ketingkat Nasional, sebelumnya di tahun 2023 siswa SMAN Tolisu atas nama Ghofar Imam Safi’i juga pernah Lulus ke tingkat Nasional bidang Pramuka mengikuti Jambore Nasional di Cibubur bersama Kwarcab Banggai.

BACA JUGA:  Wakili TK Madani, Nadya Raih Juara 2 Lomba Menggambar dan Mewarnai di BGE 2024

Dengan capaian terbaik ini, pihaknya tidak mau berpuas diri melainkan kembali bekerja keras agar kedepannya semakin banyak anak didik lolos ke tingkat Nasional.

“Semoga perjalanan kami ini bisa menjadi Inspirasi buat sekolah-sekolah baru, atau sekolah – sekolah kecil lainnya untuk tetap semangat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik agar siswanya bisa berprestasi di jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya.

Lolos OSN tingkat Nasional di bidang Mapel Geografi, Putu Vina kini tengah bersiap dan terus berlatih untuk bisa meraih hasil maksimal.

Adapun OSN tingkat Nasional yang akan digelar di Jakarta itu, berlangsung pada tanggal 26 Agustus sampai 1 September 2024.

“Terima kasih buat semua pihak yang telah terus mendukung kami selama ini. Mohon doa restunya, sekolah baru menuju tingkat nasional,” tandasnya, dengan penuh bangga. (*)