BeritaNewsPendidikan

Prodi D III Keperawatan Luwuk Edukasi Siswa SMA Tentang Perilaku Bersih dan Sehat di Sekolah

529
×

Prodi D III Keperawatan Luwuk Edukasi Siswa SMA Tentang Perilaku Bersih dan Sehat di Sekolah

Sebarkan artikel ini
Prodi D III keperawatan Luwuk Poltekkes Kemenkes Palu melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan sasaran primer siswa SMA Luwuk  pada Rabu 12 Juni 2024.  FOTO: IST
Example 300250

Banggaikece.id– Prodi D III keperawatan Luwuk Poltekkes Kemenkes Palu melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan sasaran primer siswa SMA Luwuk  pada Rabu, 12 Juni 2024.  

Kegiatan itu mengusung tajuk ‘Promosi Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Menegah Atas Luwuk’.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah bagian dari Kegiatan Promosi Kesehatan yang dilakukan untuk memberdayakan masyarakat dalam hal ini masyarakat sekolah sebagai sasaran primer dari kegiatan promosi kesehatan yang memiliki manfaat akhir yaitu mengubah perilaku masyarakat menjadi perilaku sehat.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sehingga siswa diharapkan mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. 

BACA JUGA:  Mulai 25 September, Incumbent Harus Cuti dan Banggai Dipimpin Pejabat Sementara 

Dengan demikian siswa dapat berperan aktif dalam  upaya promotif dan preventif penyakit di lingkungan sekolahnya. 

Kegiatan ini merupakan bentuk Tridharma dosen dan upaya mahasiswa Perguruan Tinggi Poltekkes kemenkes Palu Prodi DIIII Keperawatan Luwuk untuk berkontribusi pada peningkatan derajat kesehatan kepada masyarakat di wilayah sekitar kampus. 

Kegiatan edukasi ini disambut dengan baik dan penuh antusias oleh pihak sekolah beserta siswa-siswi di lokasi dimana pengabdian masyarakat dilaksanakan yaitu di SMAN 2 Luwuk dan SMAS GKLB Luwuk. 

BACA JUGA:  Kepala Daerah Hasil Pilkada 2024 Dilantik 7 Februari 2025

Pihak sekolah menyampaikan ucapan terima kasih dan harapannya kepada  Prodi DIII keperawatan Luwuk atas kersasamanya dalam pemberdayaan dan pengabdian kepada Masyarakat.  

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi Pre-test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa-siswi mengenai PHBS di sekolah.  

Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan edukasi berupa pemberian materi melalui penyuluhan dan praktik perilaku PHBS serta tanya jawab. Untuk menilai tingkat pemahaman siswa-siswi tentang materi dilakukan juga post-test materi dan praktik perilaku PHBS.

BACA JUGA:  Keren, Majelis Taklim Al Fattah Bukit Mambual Juarai Lomba Sholawat 

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini meliputi, Pengertian PHBS di sekolah dan perilaku ber-PHBS yang mencakup, antara lain, mencuci tangan dengan sabun, mengonsumsi jajanan sehat, jamban sehat, membuang sampah pada tempat sampah, olahraga secara teratur dan terukur, Pemberantasan jentik nyamuk, tidak merokok, tidak memakai NAPZA,  dan lain-lain.

Tim Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari 2 dosen yaitu Sukmawati, SKM, MPH dan Nurarifah, S.Kep, ners, M.Kep serta 4 Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palu Prodi DIII Keperawatan Luwuk.  

Kegiatan ini diikuti sebanyak 34 siswa-siswi SMAN 2 Luwuk dan 52 siswa-siswi SMAS GKLB Luwuk. (*)