BeritaNews

Pengabdian Masyarakat Poltekkes Palu, Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Bahaya Merokok Pada Remaja SMA

732
×

Pengabdian Masyarakat Poltekkes Palu, Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Bahaya Merokok Pada Remaja SMA

Sebarkan artikel ini
Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan Program Studi DIII Keperawatan Luwuk menyelenggarakan program pengabdian masyarakat dengan dengan tema Peningkatan Pengetahuan melalui Edukasi Bahaya Merokok pada Remaja di SMAN 2 Luwuk dan SMAS GKLB Luwuk, Rabu ( 12/06/2024). FOTO: IST
Example 300250

Banggaikece.id–Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan Program Studi DIII Keperawatan Luwuk menyelenggarakan program pengabdian masyarakat dengan dengan tema Peningkatan Pengetahuan melalui Edukasi Bahaya Merokok pada Remaja di SMAN 2 Luwuk dan SMAS GKLB Luwuk, Rabu ( 12/06/2024).

Kegiatan pengabdian Masyarakat bertujuan meningkatkan pengetahuan melalui edukasi bahaya merokok pada remaja dan diharapkan dapat menurunkan angka merokok di kalangan remaja.

Saat ini kita dihadapkan dengan bahaya pertumbuhan perokok aktif pada remaja di Indonesia yang meningkat setiap tahun. 

BACA JUGA:  Keren, Majelis Taklim Al Fattah Bukit Mambual Juarai Lomba Sholawat 

Bahaya merokok pada remaja menyebabkan penyakit jantung koroner (PJK), gangguan pernafasan, penyakit gigi dan mulut, kanker paru, kanker kerongkongan, gangguan kesehatan reproduksi, meningkatkan risiko penyakit lain, kecanduan hingga berperilaku negatif, perilaku agresif dan suka menantang.

BACA JUGA:  Mantan Bupati Sofhian Mile Ajak Masyarakat Menangkan  Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang

Ketua Tim Pelaksana Pengabdian Nurarifah, S.Kep., Ns., M.Kep, menunturkan pentingnya mempersiapkan diri menuju generasi emas 2045 dengan mengendalikan perilaku merokok pada remaja.

Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini karena sesuai dengan program sekolah sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2015.

Salah satu peserta menyatakan dengan adanya penyuluhan ini sehingga menambah pengetahuan bahwa rokok ini memiliki dampak yang besar bagi kesehatan dan dapat menghalangi usaha dalam menggapai cita cita kedepannya.

BACA JUGA:  Hadirkan Ustadz Jumahir, Masjid Al Fattah Bukit Mambual Sukses Gelar Peringatan Maulid Nabi

Kegiatan menghadirkan narasumber Nurarifah, S.Kep., Ns., M.Kep, Sukmawati, SKM., MPH dan  mahasiswa prodi DIII Keperawatan Luwuk Poltekkes Kemenkes Palu serta 86 peserta yang merupakan siswa SMA di Luwuk. (*)