BeritaDaerahNews

Jadi Skala Prioritas, Pemdes Basosol Liang Gelar Rembuk Stunting

201
×

Jadi Skala Prioritas, Pemdes Basosol Liang Gelar Rembuk Stunting

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Pemerintah Desa Basosol, Kecamatan Liang, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) selesai menggelar rembuk stunting yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Rakyat Desa Basosol Pada Sabtu 8 Juni 2024.

Kegiatan ini dihadiri Dinas PMD Bangkep, Dinas Kesehatan, Camat Liang, Pj. Kades Basosol, BPD, Pendamping Desa, dan lembaga Desa lainnya.

Pj. Kepala Desa Basosol, Suaebu Malida mengatakan Rembuk stunting ini sifatnya wajib dilaksanakan di setiap desa karna diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat berdasarkan regulasi.

BACA JUGA:  Lomba Pentas Seni Meriahkan Banggai Government Expo, Mulai Pop Singer Hingga Dero Kreasi

Permasalahan stunting menjadi prioritas pemerintah dikarenakan masalah ini memengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak. 

Oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor.

BACA JUGA:  Faperta Untika Luwuk Buka Penerimaan Maba Program Magister Ilmu Pertanian 

“Mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting. Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan,” jelasnya.

Mengimplementasikan, memantau dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak. Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:  Kalahkan Dirgantara Bubung Lewat Adu Penalti, MAU Fc ke Semifinal Camat Luktar Cup 2024

“Dalam kegiatan rembuk stunting ini terdapat OutPut usulan dari permasalahan yang selama ini terjadi pada pelaksanaan penanganan stunting tingkat Desa Basosol,” tutupnya.(RS**