BeritaDaerahNews

147 Anggota Satlinmas di 2 Kecamatan Bangkep Dikukuhkan 

83
×

147 Anggota Satlinmas di 2 Kecamatan Bangkep Dikukuhkan 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Sulawesi tengah telah melaksanakan 

 kegiatan Pengukuhan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) bertempat di Pondopo Rumah jabatan Bupati Bangkep Rabu 12 Juni 2024.

Kegiatan ini  dibuka oleh, Plh. Sekda Bangkep Moh. Arisusanto, SE. ME Dan turut dihadiri, Kasat Pol PP,  Sekcam Tinangkung ,Danramil Tinangkung  dan Anggota Satlinmas Kecamatan Tinangkung dan Tinangkung Selatan jumlah 147 orang.

Anggota satuan perlindungan masyarakat yang akan dikukuhkan terdiri dari Kecamatan  Tinangkung 89 Orang dan Kecamatan Tinangkung Selatan  58 Orang. 

Pj.Bupati Banggai dalam sambutannya yang dibacakan oleh  Plh. Sekda. Moh. Arisusanto, SE. ME , mengatakan selaku pemerintah daerah Kabupaten Banggai Kepulauan, menyambut baik atas di selenggarakannya kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya satuan  perlindungan  masyarakat  (Satlinmas).

BACA JUGA:  Turunkan Baliho Cuma Prank, Warga Lontos Tetap Solid Dukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

Sebagaimana kita ketahui bersama, satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) adalah Organisasi yang beranggotakan unsur    masyarakat yang berada di kelurahan atau desa untuk melaksanakan perlindungan masyarakat.

Yang selanjutnya disebut Satlinmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan    dalam melindungi masyarakat dari berbagai gangguan serta upaya untuk melaksanakan      tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pilkades, pilkada dan pemilu serta membantu upaya pertahanan  negara.

Tak hanya itu, penyelenggaraan  perlindungan masyarakat adalah pemberdayaan masyarakat di mana anggotanya merupakan    unsur masyarakat yang berada di kelurahan atau desa untuk melaksanakan perlindungan masyarakat.

BACA JUGA:  Yamaha Prima Motor Ramaikan Pameran BGE 2024, Dapatkan Promo Menarik!

“Saya memandang kegiatan ini sangat penting, karena selain sebagai ajang silaturahmi antar sesama anggota satlinmas, juga sebagai pembekalan dalam rangka peningkatan kapasitas anggota satlinmas di kabupaten banggai kepulauan dengan tujuan untuk peningkatan kemampuan dan keterampilan anggota satlinmas untuk melaksanakan  tugas  dan  fungsinya,” katanya.

Ia memahami bahwa tugas ini tidaklah mudah, namun keyakinan saya ada pada bapak ibu semua, dengan semangat, dedikasi dan komitmen yang tinggi, satlimnas desa dan kelurahan akan mampu menjalankan tugas dengan baik dan memberikan  kontribusi  nyata  bagi  masyarakat.

BACA JUGA:  Komitmen Cegah Kekerasan di Lingkungan Sekolah, Disdikbud Banggai Libatkan Sejumlah Pihak 

Dengan pemberdayaan anggota satlinmas diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta membentuk sikap dan   perilaku anggota satlinmas sesuai dengan dasar penyelenggaraan kegiatan yakni permendagri nomor 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketrentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Oleh karena itu, atas nama pemerintah daerah Kabupaten Banggai Kepulauan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat kabupaten banggai  kepulauan.

Selanjutnya, harapan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan jiwa korsa, koordinasi dan sinergitas dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada anggota satlinmas yang baru saja kukuhkan, semoga pemilu yang akan di selenggarakan bisa berjalan  dengan  kondusif  dan  aman.

seluruh rangkaian,” tandasnya. (RS)**