BeritaDaerahKesehatanNews

Pemdes Koyobunga Gelar Rembuk Stunting, Upaya Wujudkan Desa Sehat

93
×

Pemdes Koyobunga Gelar Rembuk Stunting, Upaya Wujudkan Desa Sehat

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id.-  Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Desa Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menggelar kegiatan Rembuk Stunting  di gedung balai pertemuan rakyat desa koyobunga belum lama ini.

Kegiatan tersebut dihadiri Dinas PMD,Camat peling tengah, Dinas kesehatan,Kades Koyobunga, PLD,Kader posysndu, PKK Dan Perangkat desa serta lembaga desa Lainnya.

Kepala Desa Koyobunga Nurhayati Dj. Monggol dalam sambutannya mengatakan  Rembuk Stunting merupakan forum diskusi yang melibatkan berbagai pihak terkait untuk mencari solusi terhadap masalah stunting yang masih menjadi perhatian serius di tingkat desa.

BACA JUGA:  Mantan Bupati Sofhian Mile Ajak Masyarakat Menangkan  Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang

Nurhayati juga menambahkan  pentingnya peran serta aktif seluruh elemen masyarakat dalam upaya pencegahan stunting, terutama pada balita dan ibu hamil.

Diskusi dalam Rembuk Stunting ini fokus pada identifikasi faktor penyebab stunting di desa, upaya pencegahan yang dapat dilakukan secara bersama-sama, serta langkah-langkah konkret yang akan diambil untuk meningkatkan status gizi masyarakat desa. 

BACA JUGA:  Program SJSP Ayam Pedaging Tak Berkelanjutan, Penerima Manfaat di Toili Merugi

Para peserta juga berbagi pengalaman dan ide-ide kreatif dalam upaya menangani stunting, seperti peningkatan akses terhadap gizi berkualitas, edukasi tentang pola makan yang sehat, dan peningkatan pemahaman akan pentingnya perawatan ibu hamil.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyuluhan tentang pentingnya pola makan sehat dan gizi seimbang bagi ibu hamil dan balita. Hal ini sebagai upaya preventif dalam mengurangi angka stunting di Desa Koyobunga.

BACA JUGA:  Sulteng Sukses Raih Emas Lewat Cabor Petanque di PON Aceh, 1 Atlit Alumni Unismuh Luwuk

Dengan diadakannya Rembuk Stunting ini, diharapkan semua pihak dapat lebih peduli dan aktif dalam mengatasi masalah stunting di tingkat desa. 

Kolaborasi antara pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat menjadi kunci utama dalam mewujudkan Desa Koyobunga yang sehat dan berkembang.(RS)**