BeritaDaerahKesehatanNews

Paparkan Materi, Kadis Faisal Karim Ingatkan Peran Penting PKK Dalam Percepatan Penurunan Stunting

92
×

Paparkan Materi, Kadis Faisal Karim Ingatkan Peran Penting PKK Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Sebarkan artikel ini
Kadis P2KBP3A Banggai Faisal Karim memberikan materi di kegiatan Rakor TP PKK. FOTO: ISTIMEWA
Example 300250

Banggaikece.id- Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Banggai, Faisal Karim menjadi salah satu pemateri dalam agenda Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Banggai, Rabu 5 Juni 2024 di Hotel Estrella Luwuk.

Dalam kesempatan itu, Kadis Faisal Karim memberikan materi tentang pelibatan tim penggerak PKK dalam percepatan penurunan stunting.

Adapun rakor ini untuk mensinkronkan pelaksanaan kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan se Kabupaten Banggai sesuai dengan hasil Rakernas.

BACA JUGA:  Ditanya Soal Tambang Batu Gamping di Bangkep, Ini Jawaban Tegas Ahmad Ali

Kemudian untuk meningkatkan kinerja Tim Penggerak PKK Kecamatan, maka Tim Penggerak PKK Kabupaten Banggai akan melaksanakan Rapat Konsultasi (RAKON) PKK Tingkat Kabupaten.

Kadis Faisal Karim menekankan peran penting  PKK dalam penanganan dan pencegahan stunting.

BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka

“Penanganan stunting ini menjadi salah satu program yang diutamakan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK,” katanya.

Tim Penggerak PKK kata dia, berperan dalam penanganan dan pencegahan stunting yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui peran kader melalui pengembangan/pengorganisasian masyarakat.

“Dengan meningkatkan Gerakan Kader Kelompok Dasawisma melalui kunjungan rumah, mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Penguatan pengelolaan posyandu, Mengembangkan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang mendukung Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), serta Pelaksanaan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT),” tuturnya.

BACA JUGA:  Ahmad Ali Bebaskan Tanah dan Hibahkan ke Yayasan Sodakotin Jaariyyah Latif

Di antaranya sambung Kadis, TP PKK harus berperan aktif dalam penyelenggaraan posyandu yaitu melakukan penyuluhan, pendataan dan pencatatan, serta menggerakkan masyarakat untuk percepatan penurunan stunting. (*)