BeritaDaerahKesehatanNews

Perilaku Hidup Sehat Jadi Peranan Penting Dalam Pencegahan Stunting  

31
×

Perilaku Hidup Sehat Jadi Peranan Penting Dalam Pencegahan Stunting  

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Perilaku hidup sehat jadi peranan penting dalam pencegahan stunting  di Desa Selekan.

Dalam rangka pelaksanaan pencegahan dan penanganan stunting, Pemerintah Desa  Selekan Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting  Tahun 2024 bertempat di gedung  balai pertemuan rakyat   Desa Selekan pada Jumat 31 Mei 2024, pukul 08.00 wita sampai selesai.

Kegiatan dihadiri oleh, Dinas PMD, Dinas kesehatan, Camat Liang, Kapolsek Liang, Danramil, Kepala Desa Selekan bersama perangkat desa, Kader posyandu,PPK,  pengelola Paud dan tokoh masyarakat serta Tokoh pendidik.

BACA JUGA:  SJS Luwuk Fc dan Abim Fc Kunci Tiket Terakhir ke Perempat Final 

Kegiatan ini dilaksanakan secara terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor, mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDesa untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting. 

Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak.

BACA JUGA:  Hadirkan Ustadz Jumahir, Masjid Al Fattah Bukit Mambual Sukses Gelar Peringatan Maulid Nabi

Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kepala Desa  Selekan Hasbun Manangka  dalam sambutannya mengatakan Rembug Stunting ini merupakan program nasional pemerintah pusat sampai kabupaten, kecamatan sampai ke desa dan menjadi tanggungjawab kita bersama. 

BACA JUGA:  Program SJSP Ayam Pedaging Tak Berkelanjutan, Penerima Manfaat di Toili Merugi

Kepala Desa  mengharapkan agar semua pelaku penanganan dan pencegahan stunting ini memahami, memaknai dan bekerja dengan baik dan maksimal.

Kades mengharapkan Rembug Stunting ini membawa makna dan hasil yang baik untuk mecegah dan menangani stunting di Desa Selekan. 

“Kita harus memaksimalkan anggaran untuk pencegahan dan penanganan stunting ini, tegasnya. Perilaku hidup sehat orang tua memegang peranan penting dalam pencegahan stunting,” tandasnya. (RS)**