BeritaDaerahNewsPendidikan

Siswa Antusias, Kadisdik Banggai Buka Semarak Gerakan Sekolah Sehat di SMPN 1 Luwuk 

398
×

Siswa Antusias, Kadisdik Banggai Buka Semarak Gerakan Sekolah Sehat di SMPN 1 Luwuk 

Sebarkan artikel ini
Ratusan siswa antusias ikuti senam dalam rangka kegiatan Semarak Gerakan Sekolah Sehat di SMPN 1 Luwuk. FOTO: JAJAD SUDRAJAD
Example 300250

Banggaikece.id- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Banggai, Syafrudin Hinelo, S.STP, M.Si., membuka kegiatan Semarak Gerakan Sekolah Sehat (GSS), Selasa 28 Mei 2024.

Semarak Gerakan Sekolah Sehat yang berlangsung di SMPN 1 Luwuk ini diikuti ratusan peserta didik, baik siswa di internal maupun dari sekolah luar.

Untuk sekolah yang dari luar turut serta dalam kegiatan Semarak Gerakan Sekolah Sehat yakni ada SMPN 2 Luwuk, SDN 7, dan peserta didik utusan TK Negeri Satap Maahas.

Beragam kegiatan mengisi Semarak Gerakan Sekolah Sehat, mulai dari senam bersama, kampanya cuci tangan, makan buah-buahan bersama dan pemberian obat penambah darah bagi remaja.

BACA JUGA:  Lomba Pentas Seni Meriahkan Banggai Government Expo, Mulai Pop Singer Hingga Dero Kreasi

Terlihat para peserta didik dan dewan guru serta pejabat Disdik yang hadir begitu antusias menyemarakkan kegiatan Gerakan Sekolah Sehat di SMPN 1 Luwuk.

Dalam sambutannya, Kadisdik Banggai, Syafrudin Hinelo, S.STP, M.Si., mengucap rasa syukur karena kegiatan Gerakan Sekolah Sehat bisa terlaksana.

“Cuacanya begitu mendukung. Padahal sejak tadi pagi gerimis melanda Kabupaten Banggai. Tapi Alhamdulillah, karena niatan baik kita, hujan pun redah,” ucap Kadis yang akrab disapa Didi Hinelo itu.

Kadis muda dan energik ini menjelaskan, berapa pentingnya program Gerakan Sekolah Sehat bagi peserta didik.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

“Untuk apa? Kira butuh kesehatan, yakin dan percaya kalau tubuh kita sehat, kita bisa jadi cerdas dan mudah dalam menerima pelajaran.  Mudah menganalisa, mudah bergaul sehingga masa depan yang dicita-citakan Insya Allah tercapai,” kata Didi Hinelo.

Dalam kesempatan itu, Didi Hinelo juga mengajak kepada semua pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan dapat menghidupkan suasana di sekolah.

“Peserta didik hari ini adalah generasi gen z. Pola dan gaya mereka tentunya beda dengan peserta didik di zaman sebelumnya. Sehingga diharapkan para guru harus peka zaman, bisa menyesuaikan dengan wadah yang ada,” pesan Kadisdik Banggai.

BACA JUGA:  Faperta Untika Luwuk Buka Penerimaan Maba Program Magister Ilmu Pertanian 

Pesan juga disampaikan Kadis Didi Hinelo kepada peserta didik, agar bisa mengedepankan etika. Karena ilmu tanpa etika kata dia, tidak ada apa-apanya.

“Terima kasih kepada Puskesmas Kampung Baru yang ikut berpartisipasi suksesnya gerakan sekolah sehat. Apalagi Puskesmas Kampung Baru ini, rutin melakukan kunjungan ke sekolah setiap 2 bulan sekali,” tuturnya.

Menurut Didi, derajat kesehatan masyarakat itu dimulai dari sekolah. Sehingga apa yang dilakukan Puskesmas Kampung Baru sudah sangat tepat dan patut diapresiasi.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Semarak Gerakan Sekolah Sehat tahun 2024, Sekolah Sehat, Generasi Hebat saya buka secara resmi,” tandasnya. (*)