BeritaDaerahNews

Secara Swadaya, Warga Jaya Makmur Bangun Jalan Kantong Produksi

18
×

Secara Swadaya, Warga Jaya Makmur Bangun Jalan Kantong Produksi

Sebarkan artikel ini
Example 300250

BANGGAI RAYA- Terkendala pengangkutan hasil pertanian, sejumlah warga Desa Jaya Makmur, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai secara swadaya membangun jalan kantong produksi, Senin (21/5/2024).

Pembangunan jalan kantong produksi atas swadaya masyarakat Desa Jaya Makmur ini, sepanjang 3 Kilometer, dengan lebar jalan 4 meter.

“Pembuatan jalan ini merupakan swadaya masyarakat. Dananya dari warga yang punya lahan. Mereka patungan mendanai untuk mendatangkan alat berat,” kata salah seorang warga Desa Jaya Makmur, Lukman kepada wartawan, Selasa (21/5/2024).

BACA JUGA:  PJ. Bupati Bangkep Hadiri Sosilisasi Refleksi 6 Tahun Bencana Likuefaksi Pasigala Di Palu 

Lebih lanjut, Lukman yang juga Ketua Pelaksana Pembangunan Jalan menjelaskan, pembuatan jalan ini dilaksanakan, karena sulitnya akses, terutama dalam pengangkutan hasil pertanian milik warga.

“Sebab hasil pertanian di Desa Jaya Makmur sekarang ini sudah produksi,” ujarnya.

Sehingga sambung dia, sebanyak 30 warga tani di lokasi tersebut dan sebagai pengguna jalan, sebelumnya telah menyampaikan keinginan mereka itu kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jaya Makmur.

BACA JUGA:  Yamaha Prima Motor Ramaikan Pameran BGE 2024, Dapatkan Promo Menarik!

“Namun belum ada jawaban dari BPD. Bahkan lahan sudah dibebaskan dan diizinkan oleh warga untuk dibangunkan jalan kantong produksi,” tuturnya.

Pembangunan jalan kata Lukman telah dilakukan atas swadaya masyarakat. Warga berharap, anggota BPD Jaya Makmur agar bisa hadir di kegiatan Musrenbang nanti, guna menyampaikan langsung hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan jalan tersebut.

BACA JUGA:  Abrasi Mengancam, Warga Desa Keak Minta Pemda Balut Bangun Tanggul Pantai 

“Sebab jalan itu merupakan yang paling utama bagi warga dalam mengangkut hasil pertanian,” cetusnya.

“Dalam hal kegiatan pembukaan pembuatan jalan nanti, kami berharap pihak 

pemerintah dan instansi terkait bisa hadir. Sekaligus bisa mengucurkan anggaran untuk pemeliharaan jalan,” pungkasnya. RUM/ABIR