Scroll untuk baca artikel
Example 300250
Example 300250
BeritaDaerahNewsPendidikan

Ponpes Daarul Hikmah Luwuk Sukses Gelar Penamatan dan Wisuda 137 Santri

×

Ponpes Daarul Hikmah Luwuk Sukses Gelar Penamatan dan Wisuda 137 Santri

Sebarkan artikel ini
Didampingi Kepala MA Ustadz Febriancu Nasulili S.Pd. dan Kepala MTs, Ustadz Hasroli S.Pd.I., Pimpinan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk mewisuda 137 santri. FOTO: JAJAD SUDRAJAD
Example 300250

Banggaikece.id- Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Hikmah Luwuk sukses menggelar Penamatan dan Wisuda bagi 137 santri, Minggu 12 Mei 2024 di Hotel Estrella Luwuk.

Sebanyak 137 santri diwisuda Ponpes Daarul Hikmah Luwuk itu terdiri dari  17 santri ikhwan/putra dan 31 santri akhwat/putri untuk Madrasah Aliyah. Kemudian 58 santri ikhwan dan 27 santri Akhwat untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah.

Example 300250

Wisuda yang digelar ini merupakan Angkatan ke 7 Madrasah Aliyah dan Angkatan ke 4 Madrasah Tsanawiyah Tahun Akademik 2023/2024.

Dalam laporan panitia yang dibacakan Ustadz Raflin Kolondam selaku Sekretaris Panitia Wisuda Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, mengatakan, wisuda ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan belajar mengajar bagi seluruh santri tahun ajaran 2023-2024. 

“Perlu kami sampaikan bahwa seluruh santri yang diwisuda pada tahun ini secara keseluruhan, baik Madrasah Aliyah maupun Madrasah Tsanawiyah berjumlah 137 santri, yang terdiri dari 17 santri ikhwan/putra dan 31 santri akhwat/putri untuk Madrasah Aliyah, 58 santri ikhwan dan 27 santri Akhwat untuk Madrasah Tsanawiyah,” jelasnya.

Dengan acara perpisahan ini diharapkan, meskipun nantinya santriwan dan santriwati sudah tidak berada pondok ini, jalinan silaturrahim dan kekeluargaan dengan pondok tetap terjalin dan tidak terlupakan.

BACA JUGA:  Bunta Expo Resmi Dibuka Wabup, Tampilkan Produk Lokal Hingga Seni Budaya

“Atas nama panitia, pada kesempatan ini kami ucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang telah hadir memenuhi undangan kami.

Dan saya pribadi mewakili seluruh pihak yang terkait ingin menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Hikmah Luwuk, beserta kepala Madrasah Aliyah maupun Madrasah Tsanawiyah yang telah mendukung penuh atas terselenggaranya acara wisuda ini,” katanya. 

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, KH. Muhammad Mu’adz Lc., M.Hi., mengatakan, lulusan angkatan ke 7 Aliyah dan 4 MTs ini merupakan lulusan Covid-19 sebenarnya. 

Di mana para alumni atau lulusan yang diwisuda pada momentum ini, mendaftar sebagai santri baru tepat pada puncaknya pandemi covid. Sehingga jumlahnya tidak begitu banyak, namun para santri begitu sungguh-sungguh dalam melaksanakan studinya.

Ustadz Muadz sapaan akrabnya, juga menjelaskan bahwa para santrinya yang diwisuda hari ini khususnya MA, telah terarahkan dalam melanjutkan ke perguruan tinggi. Baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Para lulusan ini, ada yang telah lulus seleksi masuk ke Institut Teknologi Sumbawa, Untad, IAN, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Ahmad Dahlan, dan perguruan ternama lainnya.

“Jadi Ponpes Daarul Hikmah Luwuk berupaya untuk membantu semaksimal mungkin untuk para santrinya, mengarahkan mereka melanjutkan ke perguruan tinggi. Mungkin ada yang bertanya, yang keluar negeri (kuliah) gimana? Bapak ibu, untuk yang keluar negeri menunggu satu atau dua tahun. Paling cepat, itu 8 bulan, karena tahun ajaran kita berbeda,” terangnya.

BACA JUGA:  Besok, 261 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Banggai Akan Dilepas

Di momentum yang begitu penting itu, Ustadz Mu’adz berpesan kepada para alumninya untuk tidak henti-hentinya untuk terus menuntut ilmu, menjadi pribadi yang mandiri dan mampu berdakwah agar bermanfaat bagi orang banyak.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Banggai, H. Suardi Kandjai juga memberikan sambutan di acara wisuda Ponpes Daarul Hikmah Luwuk.

Ia memberikan ucapan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para lulusan yang berhasil diwisuda tahun ini.

“Ini tentunya suatu kebanggaan bagi kita semua, di mana Ponpes Daarul Hikmah Luwuk telah mampu berkiprah membangun anak negeri dan bangsa untuk generasi yang baik sesuai kita harapkan,” katanya.

 Sebagai Kepala Kemenag kata Suardi, tak luput menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika Ponpes Daarul Hikmah Luwuk yang telah berupaya menjadikan anak didiknya begitu berprestasi. Prestasi di bidang akademik dan keagaman, semoga menjadi berkah bagi Kabupaten Banggai.

“Untuk orangtua santri, tentunya ini akan menjadi salah satu bekal yang dimiliki bagi kehidupan. Bagaimana melahirkan anak yang bisa mendoakan orangtuanya manakala meninggal dunia,” tandasnya, penuh haru melihat para lulusan yang hafal 3 juz hingga 30 Juz Al-Qur’an.

BACA JUGA:  Diduga Mabuk, Pemuda Asal Bangkep Ini Alami Laka Tunggal di Luwuk Hingga Meregang Nyawa

Apresiasi juga disampaikan Bupati Banggai dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Mujiono.

“Selamat berbahagia kepada orangtua, yang telah mendorong anak-anaknya menjadi seorang santri dan hari ini mengikuti penamatan dan wisuda. Ini semua tentu tak lepas berkat peran luar biasa orangtua,” ungkapnya.

Selaku pimpinan daerah, Ia menyambut baik acara wisuda ini. Di mana ini menjadi momentum yang sangat penting, untuk bisa mengimplementasikan pokok ajaran keagamaan yakni Al-Qur’an dan hadist di tengah masyarakat.

“Saya merasa bangga, kepada anak-anak yang telah mencapai keberhasilan. Terima kasih kepada Ponpes Daarul Hikmah Luwuk atas kerja kerasnya dalam membimbing anak-anak santri,” tandasnya.

Diketahui, acara wisuda ini turut dihadiri Ketua MUI Banggai, KH. Zainal Abidin Alihamu, perwakilan Kodim 1308 Luwuk Banggai, Danposal, Anggota DPRD Banggai, Ustadz Iswan Kurnia Hasan, Ketua DPD PKS Banggai, Ustadz Rahmat, perwakilan Unismuh Luwuk, kepala-kepala madrasah dan sejumlah undangan lainnya. (*)

Example 300250 Example 300250 Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *