BeritaDaerahNews

Berlangsung Meriah! Wabup Banggai Buka Festival Ogoh-Ogoh di Toili

51
×

Berlangsung Meriah! Wabup Banggai Buka Festival Ogoh-Ogoh di Toili

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id-  Berlangsung meriah, Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili membuka secara resmi acara Festival Ogoh-Ogoh dan Festival Budaya dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946, bertempat di Lapangan Desa Tirtasari, Kecamatan Toili, pada Jumat (3/5/2024).

Festival ini menampilkan ragam kesenian dan budaya Bali, termasuk pertunjukan ogoh-ogoh yang merupakan simbol perburuan roh jahat. Ogoh-ogoh, patung raksasa yang dibuat dari bahan-bahan tradisional, menjadi daya tarik utama dalam acara ini. Selain itu, berbagai kegiatan seni dan budaya lainnya juga turut memeriahkan suasana perayaan.

Dalam sambutannya, Wabup Furqanuddin menyampaikan perayaan hari raya nyepi memiliki makna yang sangat penting bagi umat hindu.

BACA JUGA:  Dimeriahkan Dewa 19, Puluhan Ribu Warga Padati Konser BerAmal di GOR Kilongan 

“Karena dalam momen nyepi itulah, umat hindu menjalankan catur beratha penyepian sebagai bagian dari upaya pembersihan diri, bhuwana alit dan juga alam semesta atau bhuwana agung,” ujar Wabup Furqanuddin.

Lanjutnya, dengan menjalankan catur beratha penyepian, umat hindu menyambut tahun baru caka dengan semangat yang baru dengan jiwa yang damai, yang lebih harmonis sesuai dengan nilai-nilai tri hita karana.

BACA JUGA:  Mantan Bupati Sofhian Mile Ajak Masyarakat Menangkan  Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang

“Olehnya itu, sangat diharapkan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Toili dan Toili Jaya agar dapat memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini,” tutur Wabup Furqanuddin.

Karena, lanjut Wabup Banggai, apabila pelaksanaan kegiatan ini dikemas dengan baik dan mendapat dukungan serta perhatian oleh seluruh lapisan masyarakat didaerah ini, maka akan memberikan dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

BACA JUGA:  Satu Juta Satu Pekarangan di Simpang Raya, Dapat 20 Ekor Ayam Petelur, Tersisa Empat

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Banggai Pertanda acara Festival Ogoh-Ogoh Dan Festival Budaya secara resmi dibuka dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis klaim BPJS Ketenagakerjaan oleh Wakil Bupati kepada nasabah yang meninggal. 

Kehadiran Wakil Bupati dalam acara ini tidak hanya sebagai bentuk dukungan, tetapi juga sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Banggai dalam mempromosikan dan melestarikan keanekaragaman budaya yang ada di masyarakat. (*)