BeritaDaerahNews

Luar Biasa, Desa Saiyong Jadi yang Pertama  Salurkan BLT-DD Tahap I di Bangkep 

42
×

Luar Biasa, Desa Saiyong Jadi yang Pertama  Salurkan BLT-DD Tahap I di Bangkep 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Dari 141 desa yang  ada  di kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep)  Pemerintah Desa  Saiyong  kecamatan Tinangkung, mengukir sejarah baru sebagai desa pertama di Kabupaten Bangkep dalam melaksanakan penyaluran BLT-DD  Tahap I  peruntukan bulan Januari, Ferbuari dan Maret tahun 2024 kepada 24 Keluarga penerima Manfaat (KMP).

Kegiatan Penyaluran BLT-DD Tahap  satu ini dilaksanakan di kantor Desa Saiyong Kamis 21 Maret  2024 sekitar pukul  16.30 wita. Dan dihadiri  langsung oleh Sekertaris daerah (Sekda) Bangkep, Rusly Moidady ST.MT, Camat Tinangkung, Umara Pundeng Ali S.pd, SH,MH, Pj.Kades Saiyong Abd. Jalil Tangkudung SH, Babinkantibmas, Ketua BPD, pendamping desa, dan penerima BLT-DD.    

Pj.Kepala Desa Saiyong Abd.Jalil Tangkudung SH, mengucapkan terima kasih atas kehadiran  Sekda Bangkep dan Camat Tinangkung  pada kegiatan penyaluran simbolis Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap satu  dan penyerahan bantuan Ketahanan Pangan pada Masyarakat desa Saiyong.

BACA JUGA:  Mantan Bupati Sofhian Mile Ajak Masyarakat Menangkan  Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang

Pj.Kepala Desa Saiyong Abd.Jalil Tangkudung SH., juga menjelaskan atas kerja  keras dan kekompakan antara  pemeritah desa dan BPD serta masyarakat  Desa Saiyong adalah desa pertama dari 141 desa yang ada di Kabupaten Bangkep telah menyalurkan BLT-DD tahap satu peruntukan Bulan Januari, Ferbuari dan Maret 2024.

“Tentunnya keberhasilan ini harus kita syukuri bersama dan perlu dipertahankan agar program pembangunan dan kesejahteraan bisa terlaksana sesuai   harapkan  masyarakat Saiyong,” katanya.

Jumlah penerima BLT-DD 

tahap satu sebanyak 24 Keluarga Penerima Manfaat(KPM) Dan masing-masing KPM menerima uang tunai Rp.900.000  ribu peruntukan bulan Januari,Perbuari dan Maret 2024. Total Pagu Anggaran BLT -DD untuk 12 bulan sebanyak 86.400.000.

BACA JUGA:  Kepala Daerah Hasil Pilkada 2024 Dilantik 7 Februari 2025

Selain penyerahan BLT – DD pemerintah desa Saiyong juga menyerahkan Bantuan Ketahanan Pangan berupa Ubi Banggai kepada 3 kelompok pertanian, Dan Bantuan Ayam Lokal kepada 2 kelompok  peternakan, Bantuan  Spayer Elektrik 20 Buah,Mesin Paras 10 unit,Bibit Ubi Banggai 1.500 Kg, Ayam Lokal 200 ekor dan Jaring 1.600 meter  semua Bantuan tersebut penganggarannya 20% dari pagu dana desa tahun 2024 sebesar Rp. 152.363.000.

Dalam APBDes desa Saiyong tahun 2024 juga menganggarkan dana penanganan  Stating sebesar Rp.93.452.000 dan dana lampu jalan sebesar Rp.8.211.000. 

Sekertaris daerah (sekda) Bangkep Rusly Moidady ST.MT dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah daerah dan pribadi menyampaikan Apresiasi kepada Pj kepala desa Saiyong bersama perangkat desa dan BPD telah berupaya maksimal dan terukur sehingga proses pengelolaan Anggaran Dana desa tahun 2024 bisa berjalan tepat waktu sehingga memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan desa Saiyong. 

BACA JUGA:  Dimeriahkan Dewa 19, Puluhan Ribu Warga Padati Konser BerAmal di GOR Kilongan 

Pemerintah daerah mendukung apa yang sudah diprogramkan oleh   pemdes Saiyong baik program BLT-DD,Bantuan ketahanan pangan serta stating yang sudah menjadi program prioritas sebagaimana ketentuan yang diatur pada Permendes.

Sekda berharap Bantuan BLT-DD dan bantuan Ketahanan pangan dan Bantuan lainnya dapat memberikan manfaat peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat Saiyong (RS)**