BeritaDaerahNews

Mengenal Sudirman  Sapat, Sosok Ideal Pimpin Banggai Kepulauan 

134
×

Mengenal Sudirman  Sapat, Sosok Ideal Pimpin Banggai Kepulauan 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Sebagai daerah maritim, Banggai Kepulauan memiliki potensi besar, membutuhkan seorang pemimpin masa depan yang visioner, berintegritas, dan berkomitmen untuk kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakatnya. 

Pemimpin tersebut harus memiliki kemampuan untuk merangkul keragaman budaya dan menghadapi tantangan pembangunan yang kompleks, termasuk pemeliharaan lingkungan dan peningkatan infrastruktur. 

Dengan Kepemimpinan yang tangguh, Banggai Kepulauan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Pemimpin ideal untuk Banggai Kepulauan adalah seseorang yang memiliki visi jangka panjang untuk pembangunan berkelanjutan, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat. 

Mereka harus memiliki integritas yang tinggi, kemampuan memimpin, serta komitmen untuk mewujudkan perubahan positif. Selain itu, dapat merangkul keragaman budaya, dan membangun kerjasama yang kuat dengan berbagai pihak termasuk pemerintah pusat, swasta, dan masyarakat sipil.

Sudirman Sapat S.Pd, M.Si., adalah sosok harapan rakyat di kalangan masyarakat lainnya. Ia kemudian berani untuk menyatakan keberaniannya tampil dalam Pentas Demokrasi Politik Banggai Kepulauan 2024. 

BACA JUGA:  Mulai 25 September, Incumbent Harus Cuti dan Banggai Dipimpin Pejabat Sementara 

Ia adalah sosok pribadi yang tangguh, terlahir di sebuah desa kecil bernama Desa Palam Kecamatan Tinangkung Utara, sehingga cukup ideal, jika Sosok Sudirman Sapat pantas dijuluki Sosok Pemimpin Ideal  Untuk Banggai Kepulauan, karena memiliki kedekatan Emosional dengan kehidupan Masyarakat Pedesaan. Belum Lagi dengan Rekam Jejaknya yang bisa di andalkan. 

Bagaimana tidak, semasa studi di Perguruan tinggi  beliau banyak terlibat dalam keorganisasian seperti Resimen Mahasiswa menjadi Komandan Satuan Resimen Mahasiswa Batalyon 251/Wiratama Universitas Tadulako, dan pernah Operasi Satgas Dharma Bakti di Wilayah Timor-Timor.

Bukan hanya di Resimen Mahasiswa, beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Banggai Kepulauan dan masih banyak keterlibatan-keterlibatan lainnya dalam organisasi sewaktu menjadi mahasiswa. 

Hal ini pula sosok Sudirman Sapat memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pengembangan diri dan keterlibatan dalam kegiatan Sosial Kemahasiswaan dalam membangun Karakter Fisik Kempemimpinan dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

BACA JUGA:  Mantan Bupati Sofhian Mile Ajak Masyarakat Menangkan  Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang

 Usai dari terpaan pendidikan dan segudang pengalaman sosok Sudirman Sapat kemudian mengabdikan Dirinya di daerah kelahirannya yakni Banggai Kepulauan. 

Ia kemudian  Menjadi Direktur LSM elPEKAM (Lembaga Pengembangan Ekonomi  dan Advokasi Masyarakat) , dan menjadi Abdi Negara.

Berprofesi sebagai abdi negara, ia pun tetap terlibat dalam organisasi kemasyarakatan yang kemudian menjadi Wakil Ketua Lembaga Pengemban Dana Amanah untuk Penanggulangan Kemiskinan.

Kemudian Ketua DPD KNPI Bidang Hukum dan Ham periode 2006-2009, Ketua Bidang Pembinaan Karier Profesi Guru PGRI Bangkep, dan menjadi Penyelenggara Pemilihan Umum di Kabupaten Banggai Kepulauan (Komisioner KPU Kabupaten Bangkep 2 Periode_2013 s.d 2023, Ketua Dewan Penasehat PC GP ANSOR Kabupaten Banggai Kepulauan dan masih banyak deratan pengalaman kerja lainnya. 

Sehingga sosok Sudirman Sapat adalah figure Pemimpin masa depan daerah di Banggai Kepulauan syarat dan pengalaman kerja organisasi. Menjadikan ia sosok pemimpin visioner, berintegrasi dan berkomitmen untuk Klkemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat. 

BACA JUGA:  Keren, Majelis Taklim Al Fattah Bukit Mambual Juarai Lomba Sholawat 

Masyarakat Banggai Kepulauan tentu mengharapkan sosok pemimpin yang memiliki integritas  serta Kualitas dengan memiliki visi jelas tentang masa depan Banggai Kepulauan, serta mampu menghadirkan inovasi dalam pembangunan dan pengelolaan sumber daya,  bersedia turun tangan langsung untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat. 

Menjunjung tinggi integritas, memastikan transparansi,  serta bekerja tanpa pamrih demi kepentingan masyarakat. 

Mampu memimpin dengan tegas, serta memiliki kemampuan untuk membangun tim yang solid dan efektif. Bersikap terbuka terhadap ide dan kritik dari berbagai pihak, serta mampu mengakomodasi kepentingan yang beragam demi kebaikan bersama. 

Maka Sudirman Sapat adalah sosok pemimpin yang bisa diaduh dengan pemimpin lainnya di Banggai Kepulauan.(RS)**