BeritaNewsUmum

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat BST Bagi Nelayan di Bangkep

26
×

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat BST Bagi Nelayan di Bangkep

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar mengadakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Savety Training (BST) Kapal Layar Motor/Perikanan dan Surat Keterangan Kecakapan  (SKK)  60 Mil, bertempat di Gedung Graha Pemuda KNPI Kabupaten Banggai Kepulauan, Senin (04/03/2024).

Hasan, S.Si.T., M.Mar.E selaku Pengolah Data dan Informasi Unit Kapal Latih/Koordinator PUKP-07 membuka Kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Savety Training (BST) Kapal Layar Motor/Perikanan dan Surat Keterangan Kecakapan  (SKK)  60 Mil dengan resmi. 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banggai Kepulauan Ir. Ferdy Salamat, ST., M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Riska Pratiwi Thirayo, S.Pi dalam sambutannya sangat mengapresisasi dan berterima kasih atas diadakannya Kegiatan Diklat oleh Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar di Kabupaten Banggai Kepulauan ini. Mengingat kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi para nelayan khususnya diwilayah Banggai Kepulauan.

BACA JUGA:  Lomba Pentas Seni Meriahkan Banggai Government Expo, Mulai Pop Singer Hingga Dero Kreasi

Kegiatan Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada nelayan atau pekerja tentang risiko dan potensi bahaya ditempat kerja, pelatihan BST ini juga sangat dibutuhkan untuk para pekerja untuk memastikan keselamatan dan kesehatan karyawan ditempat kerja. 

Pelatihan SKK merupakan pembekalan yang diperuntukkan bagi Nahkoda Kapal Nelayan tentang penerapan Hukum laut serta keselamatan Pelayaran. 

BACA JUGA:  Promo Spesial September Bersama Cokro 2000 di Pameran BGE 2024, Potongan Angsuran Sampai 6 Bulan 

Hal ini juga bertujuan untuk para nelayan di Kabupaten Banggai Kepulauan yang mempunyai status pekerjaan sebagai nelayan tangkap sehingga perlu untuk memahami Teori maupun Praktek dari Pelatihan BST dan SKK ini. Pelatihan ini diikuti oleh para Nelayan yang berasal dari beberapa Kecamatan di Banggai Kepulauan.

Adapun Pemateri dan Narasumber pada Pelatihan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Savety Training (BST) Kapal Layar Motor/Perikanan dan Surat Keterangan Kecakapan  (SKK)  60 Mil ini langsung datang dari PIP Makassar, mereka adalah Hasan, S.Si.T., M.Mar.E selaku Pengolah Data dan Informasi Unit Kapal Latih/Koordinator PUKP-07, Sulastriani, S.Si.T., M.T (Asisten Ahli – Dosen Nautika PIP Makassar), Jamil, S.Si.T., M.Mar.E, dr. Zulkifli Razak, S.Ked (Dokter PIP Makassar), rencananya agenda kegiatan Diklat BST dan SKK 60 Mil ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari, dimulai pada tanggal 3 sampai dengan 7 Maret 2024.

BACA JUGA:  Kalahkan Dirgantara Bubung Lewat Adu Penalti, MAU Fc ke Semifinal Camat Luktar Cup 2024

Perlu untuk di ketahui bahwa Diklat ini di lakukan tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis selama kegiatan berlangsung, nantinya setelah para peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mereka akan mendapakan pengalaman ilmu dan sertifikat BST & SKK 60 MIL dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. RS/**