BeritaDaerahNewsOlahraga

Digelar 3 Maret! Ini Rute Run de Toili, Melewati 4 Desa dan Dimanjakan Pesona Persawahan

41
×

Digelar 3 Maret! Ini Rute Run de Toili, Melewati 4 Desa dan Dimanjakan Pesona Persawahan

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Run de Toili Banggai Run Challenge 2024, 5 K dan 10 K akan segera dihelat pada Minggu 3 Maret 2024. Berbagai persiapan terus dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai.

Saat ini, Panitia Pelaksana tengah membagikan race pack atau paket dalam kegiatan Run de Toili. Itu berupa nomor peserta dan kupon undian.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai, Ismed Wardhana S.STP., M.Si., mengatakan, empat desa yang akan dilalui dalam ajang bergengsi itu adalah Desa Tirta Kencana, Tirtasari, Sentralsari dan Jayakencana.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

Sepanjang rute Run de Toili nanti, para atlet akan dimanjakan dengan pesona alam yakni pemandangan persawahan. Ini tentunya momen yang sangat langka bagi para atlet.

Sebelumnya, diberitakan antusias masyarakat yang ingin ikut dalam Banggai Run Challenge 2024 begitu tinggi. Pendaftar telah tembus di angka 1.500-an.

Selain diikuti para atlet lokal, Sport Tourism Run de Toili 5 dan 10K ini bakal dimeriahkan dengan peserta dari luar daerah. 

Sebanyak 90 orang peserta dari luar mulai dari Medan, Palu, Makassar, Kalimantan, Manado hingga Kendari bakal ikut meramaikan.

BACA JUGA:  Marak Beredar, Polisi Amankan 60 Bungkus Cap Tikus di Balantak Utara

“Ada juga dari Jepang, satu orang. Jadi total yang dari luar sekitar 90 orang,” katanya.

Kemudian sambung Kadispar Banggai, antusias juga dari TNI Polri luar biasa yang siap meramaikan semarak run de Toili tersebut.

“Peserta dari Batalyon 714 Poso dan Kodam Merdeka Manado cukup banyak. Dari Polda Sulteng juga ada Anggota yang ikut,” tuturnya.

Bahkan kata Kadis Ismed, tidak hanya Anggota biasa, ada juga beberapa perwira TNI maupun Polri yang daftar secara online.

BACA JUGA:  Ahmad Ali Bebaskan Tanah dan Hibahkan ke Yayasan Sodakotin Jaariyyah Latif

“Ada juga dari Kompi Senapan C Luwuk & Kodim banyak yang ikut siap meramaikan ajang Akbar ini,” kata Kadis Ismed.

Terkait kegiatan ini, Kadis Ismed berharap, Event sport tourisme ini bisa menjadi ajang wisata olahraga yang dapat membantu perputaran ekonomi masyarakat.

Kemudian, ajang ini diharapkan bisa menumbuhkan minat masyarakat untuk dapat mengembangkan destinasi wisata di wilayah masing-masing.

“Diharapkan juga melalui kegiatan olahraga bernuansa wisata ini bisa menjadi ajang silaturahmi seluruh masyarakat,” harapnya. (*)