BeritaDaerahNews

Hasil Pemilu di Banggai, Pengamat Politik Sebut Roda Demokrasi Berjalan Baik, Namun…

21
×

Hasil Pemilu di Banggai, Pengamat Politik Sebut Roda Demokrasi Berjalan Baik, Namun…

Sebarkan artikel ini
Dr. Kisman Karinda, akademisi yang juga pengamat politik di Kota Luwuk. FOTO: IST
Example 300250

Banggaikece.id- Pemilihan Umum (Pemilu) baru saja selesai dan untuk Kabupaten Banggai, Pemilu khususnya Pileg DPRD Banggai berhasil dimenangkan Partai Golongan Karya (Golkar).

Partai yang dinahkodai Beniyanto Tamoreka itu sukses mendulang suara dan berjaya di Pemilu 2024. Perolehan suara yang begitu siginifikan, Golkar diprediksi bisa menduduki 11 kursi di DPRD Banggai.

Suksesnya Pemilu di Kabupaten Banggai khususnya, mendapat sorotan dari akademisi dan juga pengamat politik. Ia adalah Dr. Kisman Karinda yang juga Dekan FISIP Unismuh Luwuk.

BACA JUGA:  Program SJSP Ayam Pedaging Tak Berkelanjutan, Penerima Manfaat di Toili Merugi

Sebagai akademisi, Dr. Kisman Karinda melihat secara umum pelaksanaan Pemilu di tanah Babasalan berlangsung sukses.

“Sukses dalam artinya berhasil mencapai puncak yaitu menghasilkan nama calon Anggota Legislatif baik pusat maupun daerah,  dari partisipasi Pemilu juga bisa dibilang sukses karena kampanye golput jarang terdengar di Pemilu tahun ini,” ungkap Dr. Kisman Karinda kepada Banggaikece.id, Rabu 21 Februari 2024.

BACA JUGA:  Mulai 25 September, Incumbent Harus Cuti dan Banggai Dipimpin Pejabat Sementara 

Kisman melanjutkan, Pemilu 2024 diwarnai dinamika perolehan suara partai yang menempatkan Golkar sebagai partai yang bakalan mendominasi Parlemen Lalong.

“Sedangkan PDIP yang sebelumnya memimpin kini harus puas dengan kenyataan yang ada, artinya ini terjadi dinamika yang tentunya dapat diambil kesimpulan bahwa roda demokrasi di kabupaten banggai berjalan baik,” kata Kisman Karinda.

Namun kata Kisman, dari hasil Pemilu ini perlu ditingkatkan bahwa partisipasi politik masyarakat sudah mengalami kemajuan.

BACA JUGA:  Lakalantas Mobil VS Motor di Masama, Pemotor Luka-luka Hingga Mobil Ringsek

“Satu hal yang harus diingat bahwa akan lebih elok kalau pencapaian dilandaskan atas kecintaan terhadap visi misi partai bukan kepada besar kecil materi yang diberikan timses atau oknum anggota partai  kepada masyarakat di saat akan pncoblosan,” cetusnya.

Dalam Pemilu khususnya Pileg tambah Kisman, seharusnya Caleg bisa lebih mengedepankan modal sosial ketimbang modal finansial. “Ini yang kita harapkan ke depannya,” tandasnya. (*)