BeritaDaerahNews

Bupati Balut Dituding Tekan ASN dan Honorer untuk Bantu Anaknya di Pemilu 2024

42
×

Bupati Balut Dituding Tekan ASN dan Honorer untuk Bantu Anaknya di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id-  Viral, Bupati Banggai Laut (Balut), Sofyan Kaepa dituding melakukan penekanan terhadap aparatur sipil negara (ASN) dan honorer dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Isu yang menjadi viral ini menyoroti dugaan upaya Bupati dalam memperkuat posisi politik anaknya, Fauzan Saifan Kaepa, sebagai Calon Legislatif pada Pemilu 2024, serta mendukung Sofyan Kaepa untuk periode kedua dalam Pilkada 2024.

Penyelidikan yang dilakukan oleh Anggota Unit Intelkam Polsek Banggai pada Senin, 12 Februari 2024, mengungkap adanya rapat yang diduga dipimpin oleh Kabag Umum Sekretariat Daerah, Harsid Hamidi alias Horo, bersama dengan Staf Kepegawaian di Bagian Umum Sekretariat Daerah, Lk. Sinto. 

BACA JUGA:  Giliran Petani Nuhon Keluhkan Sulit dan Mahalnya Dapatkan Pupuk di Hadapan Sulianti Murad 

Rapat ini diduga disinyalir membahas strategi penguatan politik, khususnya dalam dugaan mendukung Fauzan Saifan Kaepa dan memenangkan Sopian Kaepa dalam Pemilu dan Pilkada mendatang.

Namun, pada saat klarifikasi yang dilakukan oleh Harsid Hamidi alias Horo dan Lk. Sinto di Kantor Bawaslu pada Senin 12 Februari 2024, keduanya menyangkal adanya rapat tersebut untuk kepentingan politik. 

BACA JUGA:  Selamat, Kajari Balut Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude di Unsrat Manado

Mereka mengklaim bahwa rapat tersebut sebenarnya membahas perpanjangan kontrak honorer di lingkungan Sekretariat Daerah, bukan upaya politisasi terhadap ASN dan honorer untuk mendukung calon tertentu.

Viralnya isu ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, khususnya terkait netralitas dan independensi ASN dalam konteks politik.

Dengan beredarnya informasi bahwa ASN dan honorer diminta untuk mendukung calon tertentu, hal ini menimbulkan pertanyaan serius terkait etika dan integritas pemerintahan.

Melalui pernyataan resmi, Anggota Unit Intelkam Polsek Banggai menyatakan komitmennya untuk terus melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait isu ini dan akan memonitor perkembangannya dengan seksama. 

BACA JUGA:  Di Hadapan Masyarakat Bualemo, Ahmad Ali Akan Prioritaskan Perbaikan Jalan Hingga Bangun Rumah Sakit Pratama 

Informasi yang diperoleh dari penyelidikan ini akan dilaporkan kepada pimpinan, sebagai langkah untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam menangani dugaan pelanggaran etika dan kebijakan pemerintahan.

Pihak terkait diharapkan untuk bersedia memberikan klarifikasi dan kerjasama sepenuhnya dalam proses penyelidikan ini, demi menjaga integritas dan kepercayaan publik terhadap institusi pemerintahan di Kabupaten Banggai Laut.(RS)**