BeritaDaerahNews

Ratusan Santri Ponpes Fathul Hikam Al Mubarak NW Tolbar Kompak Ikuti Latihan Pramuka 

149
×

Ratusan Santri Ponpes Fathul Hikam Al Mubarak NW Tolbar Kompak Ikuti Latihan Pramuka 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. 

Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). 

Gerakan Pramuka memiliki kode kode kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya, yaitu: Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma. 

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma. Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma. 

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

Ektrakulikuler Pramuka di Pondok Pesantren Fathul Hikam Al Mubarak  NW Toili Barat   merupakan ekstrakulikuler wajib untuk santri dan santriwati baik santri SMP Islam Maupun SMA Islam Fathul Hikam. 

Pondok Pesantren Fathul Hikam sendiri memiliki dua lembaga Formal yakni SMP Islam sampai dengan SMA Islam kedua lembaga tersebut di bawah naungan Yayasan Fathul Hikam Al Mubarak NW Toili Barat.  

Tujuan kegiatan Kepramukaan ini  ialah  untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.

Ratusan Santri dan santriwati  terlihat begitu kompak dan semangat dalam mengikuti rangkaian latihan kepramukaan yang  langsung dipandu oleh dua dewan guru yang memiliki keterampilan di bidang kepramukaan. 

BACA JUGA:  Marak Beredar, Polisi Amankan 60 Bungkus Cap Tikus di Balantak Utara

Sebut saja Kakak Abdul Wahid, Ia merupakan salah satu dari dua pembina aktif  Pramuka di Pondok pesantren tersebut, kurang lebih 5 tahun mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar sekaligus pembina Pramuka dalam kegiatan ekstrakulikuler di Pondok Pesantren Fathul Hikam Al Mubarak NW Toili Barat. 

“Tujua mengapa terus giat tanpa henti dalam membina santri kami khususnya bidang pramuka tidak lain untuk mengasah keterampilan, kedisiplinan  serta kesiapan menta mereka,” katanya.

Pembinaan khusus di bidang pramuka ini diwajibkan bagi  seluruh santri seminggu sekali yakni setiap Hari Rabu Sore. 

BACA JUGA:  Ahmad Ali Bebaskan Tanah dan Hibahkan ke Yayasan Sodakotin Jaariyyah Latif

Hal ini dilakukan agar santri dan santriwati lebih masif lagi dalam memahami dunia kepramukaan untuk selanjutnya bisa bermanfaat bagi mereka setelah selesai menimba ilmu di pondok pesantren. 

“Iya Kami sangat berharap santri dan santriwati kami nantinya jika sudah lulus dari pondok ini selain mendapatkan  pemahaman ilmu agama. Juga bisa Menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi  sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakta dan negara,” tuturnya.

Selain pembinaan di bidang Pramuka , Pondok Pesantren Fathul Hikam Al Mubarak NW Toili Barat juga memiliki Ekstrakulikuler lainya seperti  Pelatihan di Bidang Drum Band , Hadroh  dan Keterampilan berbahasa Jepang  yang  rutin juga dilaksanakan setiap minggunya. (*)