Scroll untuk baca artikel
Example 300250
Example 300250
BeritaDaerahNews

Pemda Banggai Gelar Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD 2025

×

Pemda Banggai Gelar Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD 2025

Sebarkan artikel ini
Example 300250

banggaikece.id- Upaya merumuskan arah pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Banggai menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai tahun 2025, pada Kamis (25/1/2024).

Example 300250

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banggai ini bertempat di Hotel Estrella Luwuk, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO.

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menyampaikan rasa syukur dengan waktu yang singkat kurang lebih 2 tahun, sudah banyak yang ditorehkan untuk membangun Kabupaten Banggai.

Mulai dari pembangunan sektor pendidikan, lanjut beliau, melalui pembangunan Paud, SD, dan SMP Negeri, Pemberian Beasiswa, Inovasi Ade Kembali Sekolah untuk menangani anak putus sekolah.

“Di sektor kesehatan dengan pencapaian penghargaan Universal Health Coverage (UHC) karena mampu menjamin hampir 100% warga mendapatkan layanan kesehatan gratis dalam program Jaminan Kesehatan Nasional, peningkatan pelayanan RSUD Luwuk dengan menyediakan ruang layanan informasi,” jelas Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  Besok, 261 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Banggai Akan Dilepas

Tidak hanya itu, terdapat pula di sektor pembangunan infrastruktur bangunan gedung, jalan, air bersih, irigasi, rumah layak huni, penerangan jalan umum, fasilitas layanan internet gratis di tempat-tempat umum yang tersebar lokasinya diwilayah Kabupaten Banggai, dan masih banyak lagi sektor yang lain.

“Tentunya dalam melaksanakan program prioritas daerah akan muncul permasalahan-permasalahan, oleh karena itu hari ini kita ingin berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memberikan saran dan masukan, ide dan gagasan,” tutur Bupati Banggai.

Sehingganya, Bupati Amirudin menegaskan agar apa yang di cita-citakan bersama ditahun 2025 dapat terwujud dengan baik, tentunya selaras dengan tema RKPD Tahun 2025 yakni “Peningkatan Kemandirian dan Daya Saing Daerah Menuju Kesejahteraan Masyarakat”.

BACA JUGA:  Diduga Mabuk, Pemuda Asal Bangkep Ini Alami Laka Tunggal di Luwuk Hingga Meregang Nyawa

Berikutnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai turut menyampaikan Paparan Capaian Indikator Makro Tahun 2023 dan Proyeksi Indikator Makro Tahun 2024-2026.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Banggai mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, IPM mencapai 71,58, dan meningkat secara signifikan menjadi 72,19 pada tahun 2023,” ujar Kepala BPS Kabupaten Banggai.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Banggai, Ramli Tongko, S.Sos., ST., M.Si memaparkan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai Tahun 2025.

“Pada tahun 2024, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banggai mengalami peningkatan sebesar 3,2 T,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Banggai.

Tidak hanya itu, Kepala Bappeda Kabupaten Banggai Ramli Tongko, S.Sos., ST., M.Si menegaskan dalam hal transformasi digital Pemerintah Kabupaten Banggai  juga berhasil meraih prestasi luar biasa, hal ini dibuktikan dengan Pemkab Banggai memperoleh nilai indeks tertinggi se-Sulawesi Tengah pada Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yakni 3,23 sesuai Keputusan KemenPANRB RI Nomor 13 Tahun 2023.

BACA JUGA:  Bunta Expo Resmi Dibuka Wabup, Tampilkan Produk Lokal Hingga Seni Budaya

Selain Bupati Banggai, Kepala BPS Kabupaten Banggai, dan Kepala Bappeda Kabupaten Banggai, turut pula menyampaikan pokok-pokok pikiran mewakili DPRD Banggai, Wakil Ketua 1, Batia Sisilia Hadjar, setelah itu ditutup dengan diskusi dan penandatanganan Berita Acara.

Hasil dari Forum Konsultasi Publik ini akan menjadi pijakan dalam merancang RKPD yang lebih adaptif, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Banggai. (*)

Example 300250 Example 300250 Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *