BeritaDaerahNews

417 Pengawas TPS Dilantik, Ketua Bawaslu Bangkep: PTPS Garda Terdepan Dalam Pengawasan!

301
×

417 Pengawas TPS Dilantik, Ketua Bawaslu Bangkep: PTPS Garda Terdepan Dalam Pengawasan!

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id  –  Sebanyak  417 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) se Kabupaten Banggai Kepulauan  (Bangkep) resmi dilantik. Tidak terkecuali PTPS di Kecamatan Buko Selatan, Senin 22 Januari 2024.

Pelantikan PTPS di kecamatan itu, dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Bangkep, Sulawesi tengah  Muslim Abd. Muin B, S.Kom,MM.

Kegiatan ini dilaksanakan di BPU Kecamatan Buko Selatan yang dihadiri Camat Buko Selatan, Anggota Danramil, Anggota Polsek, PPK Buko Selatan dan Pengawas Kelurahan desa se-Buko Selatan.

BACA JUGA:  Oscar Reunion Fc Temani Mutiara Nambo Lolos ke Putaran 16 Besar Piala Camat LukTar

Ketua Bawaslu Bangkep dalam sambutannya mengatakan, pada Senin 22 Januari 2024 serentak di 12 kecamatan  dilakukan pelantikan Pengawas TPS oleh Panwaslu Kecamatan.

“PTPS adalah garda terdepan dalam  pengawasan Pemungutan dan penghitungan suara di TPS,

olehnya itu PTPS harus punya kemampuan dan pengetahuan teknis pengut hitung sebagai dasar pengawasan,” tegasnya dalam sambutan.

PTPS kata dia, harus mempunyai pengetahuan dasar terkait demokrasi dan Pemilu di Indonesia, melakukan pengawasan melekat terhadap proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing.

BACA JUGA:  Diserahkan Langsung Menteri, Bupati Amirudin Terima Penghargaan Kemenkumham 

“Menuju votting day tersisa 22 hari lagi jaga kesehatan, buka komunikasi antar sesama penyelenggara, dan koordinasi dengan pemerintah desa.Pengawas TPS bertugas kurang lebih satu bulan,” pesannya.

Sementara itu, Camat Buko Selatan dalam sambutannya mengampaikan soal pentingnya menjaga netralitas penyelenggara dan Pengawas TPS. Sehingga harus belajar dari pengalaman Pemilu sebelumnya.

“Sehingga pelaksanaan Pemilu di Buko Selatan berjalan sesuai dengan regulasi yang mengaturnya, Pemerintah Buko Selatan bersama penyelenggara siap mensukseskan Pemilu 2024 di Buko Selatan,” katanya.

BACA JUGA:  Pembahasan APBD Perubahan Tergesa-Gesa, Ada Apa?

Pelantikan Pengawas TPS secara serentak di 12 kecamatan ini dilanjutkan dengan Orientasi Tugas Pengawas TPS dalam Pemilu 2024.

Selanjutnya Bawaslu Bangkep akan menjadwalkan Bimbingan Teknis kepada Pengawas TPS se-Bangkep untuk penguatan pengetahuan terkait pengawasan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tanggal 14 Februari 2024. (*)

Penulis: Ramli Suma

Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250 Example 300250